Ejawantah Spirit Pemuda Kahfi, Menuju Kejayaan dan Kemuliaan

Oleh Naser Muhammad*

SALAH SATU keistimewaan Al-qur'an adalah metode cerita yang senantiasa Allah pergunakan sebagai pendekatan dalam menebarkan hikmah, bahkan dalam Qur'an ada sebuah surah yang yang di beri nama Al Qasash.

Salah satu Ahsanal qasasi dalam qur'an yang sangat sarat dengan hikmah adalah kisah pemuda kahfi. Sebuah kisah yang sangat menginspirasi kaum muda pada khususnya.

Mengapa pemuda kahfi menjadi sangat istimewa? Mengapa mereka layak dikisahkan oleh Allah dalam sebuah kita paling suci yang pernah ada.

Allah pertama kali membuka ayat ini dengan penegasan bahwa Alqur'an bukan kedustaan, cerita ini benar adanya. Namun ayat ini di khususkan bagi orang yang ingin mengambil pelajaran.

Ciri pemuda kahfi yang pertama adalah, senantiasa bergantung pada Allah. Maka yang pertama kali dilakukan oleh pemuda ini adalah berdoa.

 رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

"Wahai Tuhan kami, beri­kanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)."

Ciri kedua dari pemuda kahfi ini adalah, mereka adalah sekumpulan pemuda yang beriman. Hal ini Allah persaksikan dalm firmannya,

 إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ ءَامَنُوا۟ بِرَبِّهِمْ

"Sesungguhnya, mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka."

Ciri ketiga pemuda kahfi ini adalah, memiliki keteguhan sikap,

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا۟ فَقَالُوا۟ رَبُّنَا رَبُّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَا۟ مِن دُونِهِۦٓ إِلَٰهًاۖ لَّقَدْ قُلْنَآ إِذًا شَطَطًا

"...dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdi­ri, lalu mereka berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi."

Ciri keempat dari pemuda kahfi ini adalah, Tekad yang membaja dan berani berbeda karena kebenaran.

وَإِذِ ٱعْتَزَلْتُمُوهُمْ وَمَا يَعْبُدُونَ إِلَّا ٱللَّهَ فَأْوُۥٓا۟ إِلَى ٱلْكَهْفِ يَنشُرْ لَكُمْ رَبُّكُم مِّن رَّحْمَتِهِۦ وَيُهَيِّئْ لَكُم مِّنْ أَمْرِكُم مِّرْفَقًا

Dan apabila kalian meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah.

Yakni bila kalian menentang mereka dan memisahkan diri dari mereka dalam hal beragama. Maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu. niscaya Tuhan kalian akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya.

Artinya, Tuhan kalian pasti akan melimpahkan rahmat-Nya kepada kalian dan menyembunyikan kalian dari kaum kalian dan menyediakan bagi kalian dalam urusan kalian yang sedang kalian kerjakan, sesuatu yang berguna.

Keempat ciri tersebut, jika di miliki oleh pemuda hari ini. Dengan izin Allah, kemenangan agama ini sangat mungkin di amanahkan Allah lewat tangan pemuda.

Tawakkal, iman, idealisme dan tekad sebuah bekal untuk mengebrak tirani angkara murka dan kezaliman. Jika keempat ciri tersebut ada jangankan bergerak, tidur pulas sekalipun dapat melahirkan perubahan atas izin Allah.

Itulah mengapa Allah menyebut pemuda dengan kata Fityah dalam surah Al Kahfi, Al-Fityah jamak dari kata al fata, yaitu pemuda yang berada dalam puncak kekuatan dan ambisi. Sebuah jamak yang juga memiliki korelasi dengan kata fatwa.

Jika fatwa memiki tujuan untuk memberi keputusan hukum, maka fata adalah kumpulan pemuda yang memiliki tekad kuat untuk menyuarakan kebenaran agar hukum tidak di langgar.

Jangan takut menjadi berbeda dengan yang lain, jangan takut di katakan kolot dan kampungan.

Jika jalan Allah yang yang ditempuh, yang terlihat hina akan menjadi mulia. Bahkan anjing yang terlihat hina di hadapan manusia, ia ikut menyejarah bersama Pemuda Kahfi.

___
*) NASER MUHAMMAD, penulis adalah Ketua Departemen Humas, Data dan Informasi PW Pemuda Hidayatullah Kaltara
IMHI Berdedikasi

Membidik militansi dan progresifitas kader kampus bersama Ikatan Mahasiswa Hidayatullah (IMHI)

Infaq Jariyah

Beramal jariyah dengan berdonasi guna mendukung program Syabab Hidayatullah

Syabab Marchandise

Tersedia beragam perlengkapan, souvenir dan marchandise Syabab Hidayatullah

Kesekretariatan

Ragam file terkait organisasi dan panduan kesekretariatan Syabab Hidayatullah

Copyright © 2018 Depdatin PP Pemuda Hidayatullah