News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Rakernas Ditutup, Pemuda Hidayatullah Luncurkan Quran Movement

Rakernas Ditutup, Pemuda Hidayatullah Luncurkan Quran Movement


MALANG - Alhamdulillah, akhirnya tibalah masanya penutupan acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemuda Hidayatullah 2022 setelah selama 3 hari menguras energi dan pikiran demi untuk melahirkan program kerja yang maslahat untuk semua. 

Bersamaan dengan penutupan acara Rakernas tersebut, diluncurkan sebuah wadah bernama Quran Movement (QUM) untuk menjadi swaka lahirkan generasi Islam yang cerdas ber-Quran, kuat, dan berperadaban mulia. 

Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah, Imam Nawawi, dalam peluncuran tersebut mengatakan Quran Movement (QUM) atau gerakan pemuda ber-Quran merupakan komunitas pemuda sebagai wadah untuk berkreasi, bertumbuh, bergerak mengabdi, dan meluaskan kebermanfaatan untuk semua dalam naungan keberkahan Al Qur'an. 

Kata Imam, nama "Qum" diambil dari salah satu energi saripati Al Quran Surat Al-Muddatstsir Ayat 2 yang memerintahkan agar bangun dan segera bangkit memberi peringatan. 


"Qum! Bangkit untuk memberi peringatan. Bangkit memberikan manfaat. Bangkitlah untuk perubahan, bangkit menjalani proses, dan memantaskan diri. Bangkit untuk menghadirkan solusi. Bangkit untuk kemajuan umat, agama, bangsa, dan negara," kata Imam memotivasi seraya menjelaskan filosofi Qum.  

Imam dalam sambutannya saat peluncuran Qum di Kota Malang, mengatakan kelahiran Qum sebagai gerakan swadaya pemuda didorong oleh semangat untuk tidak saja membangun pribadi pemuda melainkan juga sebuah ikhtiar untuk membangun umat, bangsa, dan negara. 

"Qum adalah term universalisme Islam yang mengalirkan energi kebangkitan, pengabdian pada kebenaran, seruan persaudaraan dan kesabaran, serta yang selalu mendenyuti pengarusutamaan Al Qur'an sebagai inspirasi jalan kebahagiaan dunia dan akhirat," kata Imam saat peluncuran Qum di Auditorium Ar-Rohmah Putri II Pesantren Hidayatullah Malang bersamaan dengan penutupan Rakernas Pemuda Hidayatullah 2022, Ahad (19/12/2021). 

Qum didirikan atas hasil musywarah dan aspirasi dalam Rakernas Pemuda Hidayatullah 2022 yang berlangsung selama 3 hari di Auditorium Ar-Rohmah Putri II Pesantren Hidayatullah Malang sejak 17-19 Desember 2021. 

(UPDATE: Video singkat peluncuran Qum di sini)

Tags