News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Pemuda Hidayatullah Peserta Halaqah Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia

Pemuda Hidayatullah Peserta Halaqah Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia


JAKARTA —
Ketua Departemen Data, Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah Ainuddin Chalik mewakili PP Pemuda Hidayatullah menghadiri undangan “Halaqah Ukhuwah” yang diselenggarakan Majelis ulama Indonesia (MUI) sebagai salah satu rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI berlangsung di Hotel Acacia Jakarta Pusat, Selasa, 27 Desember 2022.

Ainuddin Chalik didampingi koleganya, Haniffudin Abraham Chaniago, yang juga Ketua PW Pemuda Hidayatullah DKI Jakarta, mengadiri rangkaian acara Rakornas Komisi Ukhuwah MUI yang mengusung tema “Menuju World Class Ukhuwah Islamiyah” itu. 

Selain Pemuda Hidayatullah, “Halaqah Ukhuwah” ini dihadiri pula kurang lebih 60 unsur perwakilan pimpinan pusat ormas Islam yang terhimpun di MUI, termasuk entitas Hidayatullah lainnya yaitu DPP Hidayatullah dan Muslimat Hidayatullah (Mushida).

Pada kesempatan tersebut, Ainuddin menyempatkan bercengkrama dengan sejumlah tokoh pimpinan OKP Islam lainnya seperti Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) Affandi Ismail, Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Masri Ikoni, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Al Washliyah (GPA) Wizdan Fauran Lubis dan lainnya.

Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Pusat KH Cholil Nafis dalam sambutannya membuka acara tersebut menekankan perlunya duduk bersama disamping untuk terus merekatkan persaudaraan, juga dalam rangka merumuskan visi misi serta menyamakan persepsi dan langkah antar harakah yang ada.

“Kita perlu bersama-sama menelaah setiap hal-hal yang berkembang di tengah masyarakat,” kata KH Cholil Nafis.

Ada beragam problem tengah dihadapi umat yang memerlukan pencerahan, diantaranya masalah pergaulan bebas termasuk di dalamnya kampanye LGBT dan nikah beda agama.

Dia mengatakan, MUI sebagai rumah berhimpun ormas Islam telah bersepakat bahwa tidak ada yang memperbolehkan LGBT dan nikah beda agama. Oleh sebab itu, elemen umat perlu terus mencerahkan masyarakat perihal tersebut.

Selain Rakornas, helatan tersebut juga menelaah dan menyikapi ihwal KUHP yang baru disahkan. Oleh sebab itu, KH Cholil Nafis menilai amat penting kita berjuang secara bersama sama di ranah konstitusi atau ranah perundang-undangan. “Banyak hal yang bisa kita ubah dengan kelompok bersatunya umat Islam,” katanya.

Di sisi lain, KH Cholil Nafis mendorong ormas Islam terus mengambil peran dalam mencerdaskan umat melalui beragam saluran termasuk melalui teknologi informasi. Dia menjelaskan, dalam melakukan upaya dakwah tersebut, hendaknya diekspresikan untuk tujuan pada 3 hal yaitu mendamaikan, mengajak kepada kebaikan, dan apa yang disebarkan ada maslahah di dalamnya.

“Kita harus terus-menerus melakukan politik keadaban, bukan transaksional. Dan ini bisa disuarakan oleh ormas ormas Islam. Jadi, yang dibutuhkan tidak hanya shaleh tapi juga mushlih,” ujarnya.


Lebih jauh, KH Cholil Nafis pun berpesan agar umat menghindari pertikaian dan menepikan potensi keterbelahan seiring memasuki tahun politik 2024. Dia pun mengajak semua pihak membangun politik yang berkadaban dengan identitas yang senafas dengan arah bangsa.

“Politik ke depan kita harus menjadi orang yang mengarahkan memberi nilai pada arah bangsa kita. Semua punya identitas politik, nggak mungkin partai nggak punya identitas politik. Identitas politik kita harus senafas dengan arah bangsa,” tandasnya.

KH Cholil Nafis lantas menutup sambutannya yang jenaka dan penuh kehangatan itu dengan melafazkan ucapan penutup khas dari setiap ormas Islam.

Rakoras Komisi Ukhuwah Islamiyah Majelis ulama Indonesia yang digelar 2 hari ini dihadiri oleh sekitar 60 ormas Islam yang terhimpun di MUI. Kegiatan mengangkat tema “Menuju World Class Ukhuwah Islamiyah” juga ada halaqah arsitektur dan tata kelola Islamic Center dan kajian UU KUHP yang menghadirkan narasumber mantan Hakim Mahkamah Konstitusi Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H yang juga Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia.

Ketua Panitia, KH Sirajuddin, mengatakan tema Rakornas “Menuju World Class Ukhuwah Islamiyah” sebagai upaya Majelis Ulama Indonesia menjadi jembatan dalam menginternasionalisasi praktik ukhuwah Islamiyah di negeri ini sehingga diharapkan menjadi contoh bagi dunia Islam.

“Kami berharap MUI kedepan menjadi leading sektor dalam menuju ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathaniyah,” pungkas Sirajuddin.*/Yacong B. Halike

Tags