News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Ikhiar Pemuda Hidayatullah Palopo Menata Perbaikan Bangsa

Ikhiar Pemuda Hidayatullah Palopo Menata Perbaikan Bangsa


PALOPO - Pengurus Daerah Pemuda Hidayatullah Palopo menggelar dialog kepemudaan dengan tema "Menakar Peran Strategis Pemuda dalam Kebijakan Ekonomi dan Kondisi Politik Bangsa" yang bertempat di Warkop Merah Putih, Palopo, Ahad malam (19/9/2021). 

Ketua PD Pemuda Hidayatullah Palopo Saefullah Ahmad menuturkan, Hidayatullah sebagai organisasi induk dari Pemuda Hidayatullah merupakan suatu ormas Islam yang berfokus pada semangat kultural dalam menopang peradaban Islam. 

"Dalam konteks ini perjuangan Hidayatullah diarahkan kepada perjuangan pendidikan dan dakwah," kata Saefullah. 

Sejalan dengan itu, terang dia, Pemuda Hidayatullah sebagai organisasi pendukung tentu berada pada poros yang sama dengan induknya yaitu dengan menitikberatkan nuansa kultural tadi sebagai suatu jalan dalam menopang arus laju peradaban. 

"Akan tetapi, suatu bentuk kesadaran bagi kami bahwa peradaban Islam tidak hanya bisa ditopang oleh agenda kultural semata melainkan juga perlu didukung dengan gerakan-gerakan politik adiluhung," kata Saefullah.

Sebab, Saefullah melanjutkan, dalam catatan sejarah Rasulullah Muhammad SAW dalam rangka meniti perjalanan kebangkitan ummat Islam menjadikan ihtiar politik sebagai jalan dakwah untuk membawa Islam pada puncak kejayaan. 

Hal itu terlihat dengan proses hijrah Rasulullah dari kota Mekkah ke kota Madinah membangun suatu kekuatan politik untuk menyebarkan Islam ke seluruh penjuru negeri.

"Dan, atas gagasan itulah inisiatif atas agenda dialog ini terlaksana," imbuhnya. 

Lebih jauh dia menerangkan, sebagai salah satu representasi dari pemuda Islam, PD Pemuda Hidayatullah Palopo berharap agar spirit perjuangan atau ihtiar pemuda tidak hanya berada pada ruang ruang eksklusif.

"Tetapi bagaimana gerakan pemuda kemudian mencoba untuk masuk pada diskursus publik sebagai suatu jalan ikhtiar dalam menata perbaikan agama dan bangsa," tutup Saefuddin. 

Peserta dalam acara ini diikuti oleh pemuda dan mahasiswa. Acara berjalan lancar dan mendapat antusiasme dari peserta.

Hadir sebagai pembicara anggota DPRD Kota Palopo Drs. Baharman Supri, M.Si, akademisi muda Aprianto Nurdin S.Pd. M,Si dan tokoh milenial kota Palopo Ibriansyah Irawan S.Pd. serta dipandu oleh moderator Urwal Mubarik.*/ Mufaddal

Tags