News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

PD Tolitoli Sinergi Pemuda Kampung Hijrah Galang Dana Bantu Korban Banjir

PD Tolitoli Sinergi Pemuda Kampung Hijrah Galang Dana Bantu Korban Banjir


TOLITOLI - Pengurus Daerah (PD) Pemuda Hidayatullah Tolitoli bekerjasama dengan komunitas pemuda Kampung Hijrah, Kelurahan Tinigi, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar aksi galang dana untuk membantu meringankan beban korban terdampak banjir di setidaknya 2 desa yakni Galumpang dan Lingadan, Sabtu (26/3/2022). 

Sekedar informasi sebagaimana diwarta media, banjir melanda desa Galumpangan dan Lingadan di Kecamatan Dakopemean, Kabupaten Tolitoli. Banjr ini mengakibatkan 10 rumah warga di desa tersebut hanyut terbawa arus banjir, Rabu dini hari (23/3/2022), sekitar pukul 03.00 Wita.

Menurut keterangan Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulteng Andi Sembiri, intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan debit air meningkat di sungai yang berada di Desa Galumpangan. Akibat ketidakmampuan sungai tersebut menampung debit air mengakibatkan air meluap dan menyebabkan banjir di Desa Galumpangan.

Sebanyak 10 rumah warga yang hanyut merupakan rumah semipermanen berdinding kayu maupun permanen berdindingkan tembok beton. Rumah tersebut hanyut terbawa arus banjir beserta perlengkapan rumah yang ada di dalamnya.

Para pemilik rumah tidak dapat menyelamatkan semua barang-barang berharga yang ada di dalamnya. Beruntung seluruh pemilik rumah dan anggota keluarga yang berada di dalamnya berhasil menyelamatkan diri.

Pemuda Hidayatullah pun segera bergerak berkordinasi dengan Pemuda Kampung Hijrah untuk turun ke jalan melakukan penggalangan dana.

Khairuddin Langgo Husain dari Pemuda Kampung Hijrah mengatakan penggalangan dana ini dilakukan dengan harapan bisa membantu meringankan ujian yang saat ini menimpa saudara-saudara kita yang tertimpa bencana di Tolitoli ini.

Dia menambahkan, penggalangan dana ini di akukan di desa Tinigi dengan mengajak masyarakat desa Tinigi untuk terlibat memberikan infak dan sedekah mereka berapapun nilainya. 

"Insya Allah itu akan sangat berharga bagi saudara di lokasi bencana," kata Khairuddin sambil menambahkan respon masyarakat sangat antusias memberikan uang tunai dan juga beras untuk memberikan kebutuhan mendesak bagi para korban. 

Ketua PW Pemuda Hidayatullah Sulten, Fathun Mubin, mengapresiasi langkah cepat Pemuda Hidayatullah Tolitoli dalam merespon berbagai dinamika yang ada termasuk dalam masalah bencana. "Semoga sinergi ini bisa terjalin terus," tandasnya. (ybh/hio)

Tags