News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Ketum Ingatkan Mahasiswa Rawat Gerakan Intelektual Bismirabbik

Ketum Ingatkan Mahasiswa Rawat Gerakan Intelektual Bismirabbik


Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi mengingatkan mahasiswa sebagai cikal cendekiawan masa depan supaya selalu meluruskan niat dengan melandaskan gerakan intelektualisme pada apa yang disebutnya sebagai "koridor bismirabbik".

"Koridor dalam setiap gerakan atau aktifitas kita adalah karena nama Allah, bismirabbik. Kata iqra bismirabbik harus menjadi landasan semua gerakan dan pikiran kita. Itulah juga yang menjadi bekal perjalanan Hidayatullah hingga kini," kata Imam Nawawi dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pesantren Mahasiswa (Pesmadai) di Aula Utama Gedung Abdurrahman, Jln Raya Kalimulya, Kebon Duren, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (11/1/2021). 

Imam mengatakan, bismirabbik memuat nilai-nilai penalaran dan pengejawantahan Al Qur'an sebagai pedoman hidup. Al Qur'an sebagai pedoman, ia tidak saja sebagai kitabullah yang mengganjar pahala besar ketika dibaca atau dihafalkan, ia juga sebagai kalamullah yang harus ditadabburi dengan kedalaman maknananya yang tinggi. 

"Pesmadai adalah wujud nyata bahwa Al-Qur'an ini ditadabburi, karena Al Qur'an itu bukan sekedar dihafalkan tapi ditadabburi dimana semua aktifitas kita bertolak darinya," ungkap Imam.

Lebih jauh, Ketum Imam mengutarakan bahwa seorang mahasiswa adalah sosok yang punya idealisme tinggi yang terarah untuk terwujudunya masyarakat yang lebih beradab. "Semoga sumberdaya yang ada di Pesmadai adalah orang-orang yang muflihun," kata Imam. 


Ketum Imam berpesan Pesmadai harus berkembang ke berbagai daerah dan hadir di semua kota besar seluruh Indonesia untuk menjadi simpul-simpul lahirnya SDM untuk lahirnya generasi bangsa yang lebih baik ke depan.

"Atas keberhasilan Pesmadai, harus betul betul mendorong lokomotif Pesamdai tidak sekedar sehat, tapi juga kuat dan tak terkalahkan," lanjutnya seraya mengingatkan agat selalu menjaga halaqah. 

Dia menambahkan, ruh sebuah gerakan adalah halaqah yang di sana ada konsolidasi wawasan, konsolidasi gerakan dan penaburan spirit Al Qur'an. 

"Al Quran itu dijalankan atas dasar perintah pertama yaitu iqra' bismirabbik. Terus bergerak atas nama Allah seberapun kemampuan yang kita miliki. Banyak orang yang punya gagasan besar tapi menyerah karena melihat dirinya padahal ketiadaan hari ini bukan berarti membunuh cita cita kita," tukasnya. 

"Jangan berhenti, terus memacu diri untuk bergerak. Tidak ada satupun realitas yang mampu mematikan semangat kita. Seperti kata nabi, bahkan jikapun mati besok, tetaplah menanam pohon," pungkasnya.

Pesmadai menggelar Rapat Kerja Tahun 2021 ini pada Senin-Rabu, 11-13 Januari 2021 di Gedung Abdurrahman Kampus Pesantren Hidayatullah, Depok, Jawa Barat. Raker ini mengambil tema “Perencanaan Program Kerja Sebagai Wujud Integritas, Totalitas, dan Loyalitas dalam Bingkai Pengabdian.” 

Selain Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah, dalam pembukaan tersebut hadir Direktur Pesmadai Ust Ahmad Muzakki, pengurus PP Pemuda Hidayatullah Tri Winarno dan Ainuddin Chalik, unsur senior  yang juga dewan pengawas Suhardi Sukiman dan La Ilman serta Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah unsur dari DPP Hidayatullah dalam hal ini Ir. Khairil Baits selaku anggota Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah.  (ybh/hio)

Tags