News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Waspada Pandemi Pemuda Hidayatullah Kaltara Gelar BBM

Waspada Pandemi Pemuda Hidayatullah Kaltara Gelar BBM


BULUNGAN -- Memeriahkan milad ke-50  Hidayatullah, Pemuda Hidayatullah Wilayah Kalimantan Utara secara serentak melakukan kegiatan Bersih-Bersih Masjid (BBM) dengan mengusung tema "Masjid Sehat, Jama'ah Kuat, Nyaman Ibadah Shalat". 


Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan sama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Sabtu (14/8), ini dalam rangka mewaspadai penyebaran pandemi covid 19 dimana masjid merupakan garda terdepan dalam menghimpun keswadayaan masyarakat, selain terutama sebagai tempat ibadah 5 waktu sehari semalam. 


"Alhamdulillah pada hari ini memeriahkan Milad ke 50 tahun Hidayatullah, Pemuda Hidayatullah gelar Bersih-Bersih Masjid (BBM).  Seperti di Masjid Al-Muhajirin Desa Jelarai Hulu Kabupaten Bulungan, Masjid Daarul Akhiro Respen Tubu Kabupaten Malinau dan Masjid ar-Rohim Latimojong Kota Tarakan," terang Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Kalimantan Utara, Bunyanum Marshus.


Kegiatan BBM ini turut diikuti oleh masyarakat sekitar dan pengurus masjid setempat khususnya.


Masyarakat sekitar secara khusus sangat merespons baik kegiatan yang dilaksanakan.  Hal ini dikarenakan beberapa lokasi masjid selama masa pandemi sempat tidak beroperasi dan menutup kegiatan-kegiatan keagamaan, sehingga kondisi dan lingkungan masjid menjadi kurang mendapat perhatian.


"Kami sangat senang melihat pemuda yang pada akhirnya turun tangan langsung memperlihatkan kepeduliannya kepada tempat ibadah di saat kondisi pandemi seperti ini. Apalagi pembatasan kegiatan PPKM Level 4, sangat sulit rasanya untuk mengumpulkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama melakukan kegiatan bakti sosial," tutur Bapak Zainal, pengurus Masjid AL-Muhajirin.


Kegiatan ini pun mendapat harapan besar dari warga dan pengurus masjid. "Kalau bisa sekalian diaktifkan kembali kegiatan pembinaan keagamaan masyarakat khususnya para remaja di sekitar masjid. Sudah hampir dua  tahun lebih mereka tidak mendapatkan pembinaan rohani," imbuhnya.


Program BBM ini adalah program nasional Pemuda Hidayatullah di bidang layanan dakwah yang telah berjalan secara rutin setiap tahun. Namun selama  beberapa waktu kegiatan ini sempat tidak terlaksana sehubungan dengan kondisi pandemi.


"Nah, dalam dalam rangka merayakan milad Hidayatullah ke-50 tahun, atas arahan Pengurus PP dan dengan dukungan BMH maka kami kembali hadirkan agar masjid dapat difungsikan kembali sebagaimana mestiya serta masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan lebih nyaman," urainya.


Selain kegiatan pembersihan areal dalam dan halaman sekitar masjid, Pemuda Hidayatullah juga turut membantu melakukan pemlesteran dinding salah satu masjid -- yakni Masjid Ar-Rohim, Tarakan -- yang saat ini kondisinya dalam tahap perbaikan.


“Semoga kehadiran program Bersih-Bersih Masjid  dapat menjadi langkah awal bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah-wilayah pembinaan mualaf  untuk kembali aktif memakmurkan masjid bersama-sama dengan tetap memerhatikan situasi Covid-19 agar masjid juga dapat memutus rantai penyebaran virus,” kata  Bunyanum Marshus.

Tags

Posting Komentar