News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Refleksi Pemuda Hidayatullah Kaltara Teguhkan Kiprah

Refleksi Pemuda Hidayatullah Kaltara Teguhkan Kiprah


BULUNGAN - Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Kaltara melakukan kegiatan bertajuk Refleksi Pemuda Teguhkan Kiprah (RPTK) atau biasa disebut malam iman dan takwa (mabit) yang digelar di Kecamatan Sakatak, Kabupaten Bulungan, Ahad (24/10/2021). 

Kegiatan dawali dengan shalat magrib berjamaah dilanjutkan tausyiah hingga waktu isya. Dalam tausyiah yang disampaikan Ketua DPW Hidayatullah Kaltara, Ust Endi Haryono, menguraikan pentingnya mensyukuri nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita. 

"Nikmat yang Allah SWT berikan hendaknya digunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya, mengurus dan memperjuangkan agama-Nya, karena hanya dengan cara itu Allah berikan tambahan kenikmatan dunia dan akhirat," kata Endi. 

Endi melanjutkan, kesempurnaan hidup ini akan dicapai apabila karunia nikmat Allah SWT digunakan untuk menjalankan tugas tugas hidupnya baik selaku hamba maupun khalifah. 

Ustadz Endi Haryono kemudian menjelaskan secara rinci berkenaan dengan aktualisasi sederhan dalam menjalankan tugas kedua tersebut (abdullah dan khalifatullah). 

"Shalat itu tugas kita sebagai hamba di hadapan Allah SWT,  tetapi mengajak orang agar shalat yang sebelumnya tidak shalat itu tugas kita sebagai khalifah. Shalat di masjid itu tugas kita sebagai hamba, tetapi membangun masjid itu tugas kita sebagai khalifah, termasuk membangun pesantren itu juga tugas kita bersama sebagai khalifah," terang Endi. 

Selanjutnya, pada pukul 03.00 dini hari, peserta RPTK melakukan qiyamullail berjamaah hingga menjelang subuh. Aktifitas lalu dilanjut  shalat subuh berjamaah dan tausyiah subuh oleh Ust Khirson Sulaiman. 


Ust Khirson yang mengemban amanah sebagai sekretaris DPW Hidayatullah Kaltara dalam tausyiahnya menerangkan pentingnya mengaktualisasi dan mentransformasikan nilai nilai taqwa dalam kehidupan.

Saat matahari mulai terlihat naik menyinari pagi, kegiatan dilanjutkan kerja bakti bersama dengan melakukan perintisan dan pembabatan lokasi kampus DPC Hidayatullah Kecamatan Sekatak Buji. 

Respon dan harapan masyarakat setempat yang juga turut dalam kegiatan mabit ini sangat antusias dengan kehadiran Hidayatullah di wilayah tersebut.

Pewakaf tanah, Bapak Haji Lani, menyampaikan sangat mendukung untuk segera terwujudnya Pondok Pesantren Hidayatullah di kawasan tersebut. 

Bahkan, warga masyarakat sekitar lokasi secara sukarela membantu dan mengirimkan berbagai jenis kudapan yang dengan lahap sekali dikonsumsi bersama dalam kegiatan kerja bakti. Ada juga warga yang langsung membantu mengadakan batu bangunan sebanyak 12 kubik.

Ketua PW Pemuda Hidayatullah Kaltara Bunyanun Marsus menjelaskan Refleksi Pemuda Teguhkan Kiprah (RPTK) merupakan kegiatan malam muhasabah atau mabit untuk memantapkan langkah pemuda dengan memaksimalkan segala sumber daya yang ada agar kiprah sebagaimana program yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan baik, berdaya ubah, massif, progresif dan beradab.*/

Tags