News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Kalimantan Utara Gelar LTC Disusul Diklat SAR Hidayatullah

Kalimantan Utara Gelar LTC Disusul Diklat SAR Hidayatullah



TARAKAN - Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Hidayatullah Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar program kegiatan Leadership Training Center (LTC) yang digelar selama 3 hari di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah, Mamburungan Timur, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, yang dibuka pada Sabtu, 14 November 2021.

Sehari setelah LTC tersebut, para peserta LTC tersebut kemudian lanjut mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) SAR Hidayatullah selama 10 hari yang digelar di sejumlah lokasi training di kota Tarakan. 

Panitia LTC Pemuda Hidayatullah Kaltara, Ahmad Munzhif MZ, mengatakan kegiatan digelar sinergis ini memang sengaja disesuaikan dengan agenda diklat SAR agar peserta lebih mudah dimobilisasi, apalagi umumnya mereka datang dari berbagai daerah di Kaltara. 

"Dengan format acara berangkai seperti ini akan lebih efektif, massif dan peserta juga dapat lebih fokus," katanya. 

Pada helatan LTC Kaltara ini, panitia mendatangkan 3 orang narasumber = langsung dari Pengurus Pusat yaitu Ketum Imam Nawawi, Sekjen Mazlis B. Mustafa, dan Kadepdatin Ainuddin Chalik. Acara yang berlangsung intensif ini juga menghadirkan narasumber dari unsur PW Pemuda Hidayatullah maupun dari induk DPW Hidayatullah Kaltara. 

Dipenghujung acara yang ditutup oleh Ketua DPW Hidayatullah Kaltara, Ust Endi Haryono, berpesan kepada pemuda agar selalu bersemangat. Masa muda adalah kesempatan emas yang amat sayang dilewatkan sekedar untuk berleha-leha. 


"Pemuda harus selalu bergairah serta optimis menatap masa depan yang membekali diri dengan banyak belajar, berlatih, berkolaborasi, dan juga bereksplorasi," ungkapnya yang dalam kesempatan penutupan ini turut didampingi Ketua PW Pemuda Hidayatullah Kaltara Bunyanun Marsus dan jajarannya. 

Sehari setelahnya, kegiatan diklat SAR Hidayatullah dimulai. Tujuan diklat SAR ini untuk memberi bekal pengetahuan dan ketrampilan dasar SAR kepada Pemuda Hidayatullah dan segenap pengurus Hidayatullah yang memiliki potensi rescuer.

"Diharapkan dari diklat ini, dapat membentuk tenaga rescuer yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan mental dibidang teknik pencarian dan pertolongan terhadap korban pada tingkat dasar," kata Ahmad Munzhif yang juga Ketua SAR Hidayatullah Kaltara.

Adapun beberapa sasaran dari pelatihan dasar SAR ini adalah memahami tentang operasi SAR di Indonesia, mampu melakukan teknik pertolongan pertama pada korban, mampu melakukan teknik evakuasi korban di medan vertikal, mampu melakukan pencarian dan pertolongan di gunung / hutan.

Selain itu, juga diharapkan membekali agar mampu melakukan teknik pertolongan di air tingkat dasar, memiliki pengetahuan dan keterampilan pendukung operasi SAR, mampu melakukan kegiatan rappeling dan water free jump, dan memiliki sikap mental yang layak sebagai tenaga rescue yang siap membantu siapapun dan dimanapun tanpa memandang suku, ras, dan agama. 

Tags