News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

PW Pemuda Hidayatullah Papua Barat Gelar Pelatihan Qur'an Bersanad

PW Pemuda Hidayatullah Papua Barat Gelar Pelatihan Qur'an Bersanad


MANOKWARI - Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Hidayatullah Papua Barat menggelar pelatihan baca Al Quran bersanad yang merupakan bagian dari derivasi program nasional Lembaga Pendidikan Qur'an (LPQ) Pemuda Hidayatullah yang kali pertama digelar di Kampus Hidayatullah Manokwari, selama 2 hari pada tanggal 27-28 Januari 2022. 

Kegiatan ini diikuti oleh unsur perwakilan Pengurus Daerah (PD) Pemuda Hidayatullah se Papua Barat dengan menghadirkan narasumber utama ulama muda abang Ust Muzhirul Haq, Lc, dari Akademi Beena Ulama Internasional Turki yang juga Ketua Departemen Dakwah Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah. 

Dalam sambutannya, Anshari selaku ketua PW Pemuda Hidayatullah Papua Barat menuturkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an bagi seluruh pengurus dan anggota Pemuda Hidayatullah Papua Barat.

“Ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran. Karena setiap pemuda yang bergabung dalam Pemuda Hidayatullah juga merupakan agen dakwah Islam pemuda sehingga kemampuan membaca Qur'an yang baik adalah sebuah kewajiban,” jelasnya.

Ketua Dewan Murobbi Wilayah Hidayatullah Papua Barat Ust Sulthon, S.Pd dalam sabutannya saat seremoni pembukaan acara mengapresiasi atas diadakannya kegiatan pelatihan membaca Qur'an bersanad ini.

Ia mengatakan, banyak orang bisa membaca Qur'an, namun baru segelintir orang saja yang bisa membaca Qur'an dengan benar sesuai kaidahnya. Hal itu menurutnya terjadi karena agak sulitnya menyebut huruf-huruf Qur'an yang tidak lazim dalam bahasa kita sehingga menuntut setiap orang muslim untuk selalu belajar.

“Tentu menarik jika kali seluruh pemuda Hidayatullah bisa membaca Qur'an dengan benar. Saya mendukung upaya peningkatan kemampuan baca Qur'an ini agar ke depannya lahir generasi yang bacaan Qur'annya sudah terstandar dan bersanad dalam kitab matan jazariyah," ujar Ust Sulthon.


Pengurus MUI Papua Barat ini menambahkan, DMW dan DPW Hidayatullah Papua Barat terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan baca Qur'an seluruh anggotanya. 

Sehingga, lanjutnya, pada tahun 2022 dapat lebih dioptimalkan lagi pelatihan seperti ini baik di level organisasi induk maupun organisasi pendukung seperti Pemuda Hidayatullah maupun Muslimat Hidayatullah.

"Pada tahun 2022 ini, DMW dan DPW Hidayatullah Papua Barat menitik beratkan program kerja pada optimalisasi pelatihan baca Qur'an bersanad sehingga baik di organisasi induk maupun organisasi pendukung seperti Pemuda dan Muslimat Hidayatullah," katanya.  

Ust Sulthon menambahkan, dengan membaca Qur'an yang benar dan dengan pendalaman makna serta implementasinya, insya Allah keberkahan akan senantiasa menaungi organisasi ini. 

Lembaga Pendidikan Qur'an (LPQ) bersanad sendiri merupakan salah satu program wajib yang ditetapkan oleh Pemuda Hidayatullah sebagaimana disepakati dalam arena Rakernas di Kebumen 28-29 November 2020 dan kembali dikuatkan pada Rakernas 2021 di Ar-Rohmah Putri II Pesantren Hidayatullah Malan pada 17-19 Desember 2021. (ybh/hio)

Tags