News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Syabab Hidayatullah dan IAIN Palopo Penjajakan Kerjasama

Syabab Hidayatullah dan IAIN Palopo Penjajakan Kerjasama

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Syabab Hidayatullah, Naspi Arsyad, dan Rektor IAIN Palopo, Dr Abdul Pirol, M.Ag, bertemu silaturrahim seraya melakukan pembicaraan penjajakan kerjasama di bidang pembinaan  di Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis, 23 April 2015. 

Dalam pertemuan di ruang Kantor Rektor Lantai 2 Gedung Utama IAN Palopo ini hadir juga Kadep Organisasi PW Hidayatullah Sulsel Muhahmmad Imran, M.Ag, Sekretaris PW Syabab Sulsel Walimin, dan Ketua PD Hidayatullah Palopo Abdul Jabbar serta Imran Rizki Humas PD Hidayatullah Palopo.

Selain membicarakan seputar penjajakan kerjasama pembinaan mahasiswa IAIN, dalam kesempatan tersebut mereka saling bertukar gagasan seputar wacana tentang Islam nusantara. Sang rektor juga sempat berkisah seputar dilema seorang rektor antara kerja akademik dan beban politis.

Naspi menilai, wacana Islam nusantara yang belakangan ini kerap mengemuka adalah merupakan respon atas massifnya pemberitaan soal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang selalu digambarkan penuh kebengisan (demonic).

Gagasan tentang Islam Nusantara dikemukakan sebagai penerapan Islam teologis yang di waktu yang sama tidak menepikan nilai-nilai tradisi lokal dan adat istiadat di Tanah Air. Atas dasar itu wacana Islam Nusantara ini dinilai sebagai teladan ideal bagi aktualisasi Islam rahmatan lil alamin atas realitas yang terjadi di belahan dunia lainnya yang dikecamuk perang saudara.

Kendati demikian, tegas Naspi, konsepsi seputar Islam nusantara hendaknya dipahami dan diterapkan secara proporsional agar inti ajaran Islam kaffah tidak tercerabut yang akhirnya menepikan ihwal lain yang bersifat prinsipil seperti perkara aqidah.

"Kita, tentu, perlu terus mendorong sikap keberagamaan yang inklusif sebagaimana semangat yang terkandung di dalam wacana Islam nusantara. Tetapi jangan lupa, semangat itu hendaknya tetap dalam bingkai inti ajaran Islam kaffah yang tetap berpegang pada prinsip-prinsip asasi," ujarnya.

Naspi menambahkan, peran pemuda dalam upaya transformasi ajaran paripurna Islam ini sangat penting. Sebab itu, pihaknya berharap kolaborasi dengan berbagai pihak yang selama ini telah dilakukan oleh Syabab Hidayatullah dapat terus ditingkatkan dalam rangka menyemai generasi bangsa yang religius dan berintelektual ideologis.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu ditelurkan beberapa kesepakan yang diharapkan kelak dapat memberi andil positif terhadap upaya pencerahan dan pengembangan potensi sumber daya manusia di semua lini kepemudaain tidak saja di lingkungan kampus. (cha/in)

Tags