News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Kuatkan Literasi Islam, Pemuda Hidayatullah Jateng Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kuatkan Literasi Islam, Pemuda Hidayatullah Jateng Gelar Pelatihan Jurnalistik


SEMARANG - Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Jawa Tengah terus melakukan terobosan demi terobosan di bawah kepengurusan anyar yang baru terbentuk belum lama ini. Salah satu program yang mulai dilakukan adalah mengadakan pelatihan menulis dan jurnalistik. 

Pelatihan jurnalistik berlangsung pada hari Kamis, tanggal 1 April 2021 pukul 16.00-20.00 WIB di Pondok Pesantren Al Burhan Hidayatullah bilangan Banyumanik Jln Villa Madani RT 2 RW 10, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Ketua Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah Jawa Tengah, Syaifullah Mujahid, mengatakan pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program nasional Pemuda Hidayatullah dalam rangka melahirkan penulis dan pegiat literasi Islam.

"Literasi Islam amat perlu digalakkan oleh pemuda dan momentumnya tetap sekali di tengah kemajuan teknologi informasi saat ini yang umumnya penggunanya adalah generasi muda," kata Syaifullah. 


Menurutnya, Islam sangat kaya dengan khazanah literasi yang ditandai dengan tumbuh suburnya tradisi membaca dan menulis. Tidak saja menulis, bahkan para ulama terdahulu melakukan penelitian atau riset ke lapangan (field research) untuk memastikan validitas sebuah pengetahuan sebelum mereka menuangkan karya mereka ke lembaran kertas berupa kulit kulit hewan dan pelepah pohon kering.

"Tradisi riset itu yang ingin kita rawat, karena kalau bukan kita siapa lagi. Dan, kalau bukan sekarang, kapan lagi. Budaya literasi Islam ini dahsyat sekali, karena itu menjadi kewajiban moral bagi kita untuk melestarikannya," ungkapnya.

Dia berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini tidak saja melahirkan kader muslim yang siap bercimpung secara aktif di dunia literasi, namun juga diharapkan semakin menambah daya pacu gerakan literasi Islam di berbagai platform digital saat ini. 

Pelatihan menulis ini dihadiri oleh 97 peserta putra dan putri perwakilan dari sejumlah daerah di Jawa Tengah. Mereka tampak antusias mengikuti pelatihan selama 4 jam dimana materi disampaikan oleh pegiat Komunitas Bisa Menulis (KBM) Kak Yusran Yauma yang juga redaktur Majalah Mulia untuk Biro Jawa Tengah. 

Lebih jauh Mujahid menjelaskan, pelatihan ini adalah sinergi Pemuda Hidayatullah dengan Laznas BMH Jawa Tengah dan amal usaha Hidayatullah lainnya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Pelatihan ini bertujuan untuk mengarahkan dan mewadahi para pemuda generasi milineal agar cerdas dalam menyikapi media sosial terutama maraknya berita hoaks dan penyalahgunaan media yang berakibat fatal," ungkap Syaifullah memungkasi.*/Fulqin

Tags