News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Pemuda Hidayatullah Menyapa 4.617 Peserta Daurah Marhalah SMA

Pemuda Hidayatullah Menyapa 4.617 Peserta Daurah Marhalah SMA


YOGYAKARTA - Pemuda Hidayatullah turut mensukseskan gelaran penyelenggaraan acara Marhalah Ula Tingkat SMA/ sederajat Serentak se-Nasional yang dibuka secara virtual pada Jum’at (2/4/2021). 

Pengurus Wilayah Pemuda Hidayatullah seluruh provinsi menyapa peserta yang seluruhnya berjumlah 4.617 peserta terbesar dari Aceh hingga Papua. 

Dalam rangkaian kegiatan yang digelar selama 3 hari tersebut, Pemuda Hidayatullah mengisi sesi materi pengenalan dan sejumlah materi kepemudaan lainnya. 

Kegiatan ini sebagai wahana internalisasi nilai-nilai manhaj Sistematika Wahyu dan wawasan kelembagaan yang sangat penting dan mendasar bagi segenap santri Hidayatullah.

Hidayatullah yang menjadikan tarbiyah dan dakwah sebagai arus utama menuntut kaderisasi yang terprogram dan berkelanjutan. Sehingga para kader mampu menyampaikan visi dan misi lembaga untuk kemudian mengabdi memberi pencerahan kepada umat.

Ketua Steering Committee yang juga Ketua Departemen Kepesantrenan DPP Hidayatullah KH Muhammad Syakir Syafii, mengatakan, Marhalah Ula Tingkat SMA Serentak se-Nasional ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

Namun, kali ini diselenggarakan agak berbeda di tengah suasana pandemi yang masih menyeruak. Daurah Marahala Ula ini diikuti oleh 4.617 peserta yang berasal dari alumni SMA/ sederajat Hidayatullah.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk membekali peserta didik yang akan menuntaskan masa pendidikan dasar dan menengahnya sehingga kelak ia dapat semakin mengejawantah nilai utama dari tujuan pendidikan berbasis Tauhid.

“Lahirnya kader yang mampu mewujudkan visi sangat ditentukan oleh santri yang berkualitas yang akan menjadi penerus dakwah dan perjuangan Islam, baik berada dalam barisan perjuangan Hidayatullah ataupun melalui harakah lainnya,” katanya seperti dikutip dari laman Hidayatullah.or.id.

Oleh karena itu, Departemen Kepesantrenan Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menyelenggarakan kegiatan Daurah Marhalah Ula untuk Santri MA/Sederajat ini sebagai wahana internalisasi nilai-nilai manhaj Sistematika Wahyu dan wawasan keorganisasian, yang terintegrasi dengan pengondisian praktik ibadah mahdhah dan pembinaan fisik.

Kegiatan ini juga turut didukung dan melibatkan sejumlah pihak seperti Dewan Murabbi, Departemen Kepesantrenan, Departemen Perkaderan, Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Pemuda Hidayatullah dan Muslimat Hidayatullah. Foto-foto kegiatan ini diantaranya bisa dilihat di Galeri Pemuda Hidayatullah di sini. (ybh/hio)

Tags