News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Dukung Sakotulis, LTC I Pemuda Hidayatullah Kaltim Tetapkan 3 Duta Literasi

Dukung Sakotulis, LTC I Pemuda Hidayatullah Kaltim Tetapkan 3 Duta Literasi


BONTANG - Guna kesinambungan merawat budaya literasi, acara Leadership Training Center (LTC) I PW Pemuda Hidayatullah Kaltim mengukuhkan tiga peserta sebagai duta literasi untuk daerah Bontang, yakni, Syafardi Husain, Syarif Al-Qadri dan Sami’un Jumain.

Dalam rangkaian kegiatan LTC ini, dibarengi dengan acara Pelatihan Jurnalistik Pemuda Hidayatullah yang merupakan sinergi langsung bersama BMH dan akan digulirkan dalam beberapa bulan ke depan, hingga akhir 2021.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut, Kepala Departemen Humas, Data dan Informasi PP Pemuda Hidayatullah, Ainuddin Chalik, yang menyampaikan paparannya secara online dari Jakarta.

Menurut Ainuddin, dengan dikukuhkannya Duta Literasi Bontang, hal itu akan mendukung percepatan program Satu Kota/ Kabupaten Satu Penulis (Sakotulis) yang menjadi salah satu program nasional yang telah dicanangkan Pemuda Hidayatullah dalam Rakernas 2020 yang digelar di Kebumen, Jawa Tengah, November lalu. 

"Sakotulis diharapkan menjadi bagian yang terpisahkan dalam upaya kita merawat kultur literasi Islam sebagaimana dilakukan oleh para ulama yang dalam hidupnya diwarnai dengan literasi," ungkap Ainuddin. 

Lebih jauh, dalam paparannya, Ainuddin menjelaskan bahwa dalam jurnalistik tidak ada yang sulit.

“Yang dibutuhkan ialah pembiasaan menulis dan tanggap dengan keadaan sekitar untuk dituangkan dalam bentuk karya tulis, di antaranya dalam bentuk berita alias jurnalisti,” katanya.

Sementara itu, Laznas BMH sebagai sponsor kegiatan ini, senantiasa berusaha terdepan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, kali ini dengan mendukung gelaran Pelatihan Jurnalistik untuk dai muda yang digelar oleh Pemuda Hidayatullah di Bontang (18-19/7) ini.

“Program ini merupakan wujud dukungan nyata BMH bagi kemajuan literasi kaum muda yang dipelopori oleh dai muda, terutama di berbagai daerah. Di Bontang ini adalah yang kedua digelar usai di Batu pada awal Juli lalu,” terang Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin.

M. Rozikin selaku dai tangguh BMH di Bontang mengatakan pelatihan ini sangat penting untuk menggedor kesadaran dai muda dalam literasi dan narasi.

“Pelatihan jurnalistik ini memiliki nilai strategis yang baik, utamanya dalam menggedor kesadaran kaum muda dalam literasi dan narasi. Dengan begitu upaa embangun wacana Keislaman dan Kebangsaan untuk Indonesia Berartabat dapat sama-sama kita rajut dari sekarang,” urainya.

“Ini tidak lain karena kepercayaan umat kepada BMH. Maka komitmen BMH adalah melahirkan dai-dai muda yang sadar literasi dan narasi. Alhamdulillah bersama Pemuda Hidayatullah sudah disiapkan gelombang kegiatan dari program ini,” tutup Zainal.*/Herim

Tags