News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Bincang Palestina Bersama International Networking for Humanitarian

Bincang Palestina Bersama International Networking for Humanitarian

SURABAYA - Pengurus Daerah (PD) Pemuda Hidayatullah Surabaya bersama Sahabat Al Aqsha menggelar kegiatan seminar yang membincangkan masalah Palestina yang dihadiri tokoh relawan milenial dari International Networking for Humanitarian (INH) Muhammad Husein di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/2/2022).

Selain berkiprah di INH Gaza, Husein juga dikenal sebagai orang Indonesia yang beristrikan wanita asli Palestina. Dia juga diketahui sebagai jurnalis lepas, Youtuber, penceramah agama, dan dia juga menempuh pendidikan dan mendapat gelar sarjana di Universitas Islam Gaza. 

Kehadiran Husein di Surabaya berkat buah kolaborasi bersama INH, Share Relawan INH Sidoarjo Jawa Timur,  dan didukung oleh Komunitas Bunda Al Fatih, Majelis Taklim Azzahrah, Luqman Al Hakim, Roumah Wakaf, Baitut Tamwil Hidayatullah, dan Media Hidayatullah. 

Seminar yang mengangkat tema ‘Kabar Cinta Dari Palestina’ itu dilaksanakan di Masjid Aqshal Madinah, Kampus Utama Pesantren Hidayatullah Surabaya. Acara diselenggaraka seusai melaksanakan shalat shubuh. 

Ketua PD Pemuda Hidayatullah Surabaya, Suherman, mengatakan tujuan dari diselenggarakan acara ini untuk meraup informasi aktual dan terpercaya langsung dari tanah suci Palestina. 

Selain itu, kegiatan ini diharapkan meningkatkan pemahaman para jamaah tentang Palestina sehingga kian meneguhkan keimanan serta kecintaan terhadap saudara kita yang teraniaya.

"Semoga acara ini bisa pula meningkatkan kepedulian terhadap saudara kita sesama muslim khususnya di Palestina,” ujar Suherman.

Sementara itu, Muhammad Husein selaku pemateri tunggal, memberikan pemahaman akan pentingnya memelihat persoalan di Palestina dengan kacamata iman bahwa Palestina adalah urusan umat Islam seluruh dunia.


"Birruh biddam nafdika yaa al-Aqsha!," ujar Husein berulang ulang diikuti jamaah saat ia memulai kajian. 

"Ingat!," warning aktivis yang telah lebih sepuluh tahun bermukin di Ghaza ini, "urusan bangsa Palestina bukan hanya urusan rakyat Palestina semata, namun urusan kita semua. Konflik yang ada di Palestina juga bukan masalah teritorial semata melainkan masalah eksistensi," ungkap Husein.

Selain itu, Husein juga menceritakan, ketika terjadi serangan zionis tahun 2021 pada malam hari, yang merupakan serangan terbrutal selama satu minggu terakhir dan ratusan roket dari dua unit pesawat tempur Israel membombardir habis wilayah di Gaza.

"Ratusan roket dari pesawat tempur dan tank-tank baja yang dikonsentrasikan di perbatasan, benar-benar memborbardir habis wilayah Gaza," kisahnya.

Husein juga memperlihatkan kepada hadirin sebuah video paca terjadi serangan oleh zionis Israil yang berhasil dipukul mundur oleh mujahid Palestina dan berhasil merayakan kemenangan.

"Kita lihat di belakang saya, ratusan warga Gaza, di Jalur Gaza bagian tengah tepatnya di sebuah kota Medina Azahara turun ke jalan bersama anak-anaknya, semua turun kejalanan untuk merayakan kemenangan ini, dan ini terjadi di seluruh wilayah jalur Gaza," katanya dalam sebuah video yang ditampilkan.

Acara ini berjalan dengan lancar dan diikuti seluruh santri dan mahasantri Luqman al Hakim Pesantren Hidayatullah Surabaya, jamaah, para ustadz, dan Muslimat Hidayatullah. 

Acara kajian itu  ditutup dengan kegiatan lelang home industri Palestina, yang berlokasi di luar masjid Aqshal Madinah. Nampak banyak santri dan jamaah yang memborong barang lelang.*/Adib Nursyahid

Tags