News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

TOT II LTC LPQ Pemuda Hidayatullah Resmi Ditutup

TOT II LTC LPQ Pemuda Hidayatullah Resmi Ditutup


BALIKPAPAN -
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Hidayatullah, Mas Imam Nawawi, mengatakan Al Quran adalah sumber inspirasi bagi dunia dan siapapun yang mendambakan cahaya penerang jalan untuk keselamatan dan kebahagiaan hakiki. 

"Al Qur'an hendaknya menjadi sumber inspirasi bagi pemuda sebab ia bukan saja sebagai obat kegersangan hati tetapi juga sebuah energi perubahan untuk bangkit," kata Imam di sela penutupan acara Training for Trainer (TOT) Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) di Aula PUZ STIS, Balikpapan, Kaltim, Ahad (19/6/2022).

Bersamaan dengan penutupan acara tersebut, juga dilakukan peneguhan gerakan pemberantasan buta aksara Al Quran melalui sebuah gerakan bernama QUM yang merupakan akronim dari Quran Movement atau  Gerakan Pemuda Berquran. 

Imam mengatakan, kelahiran Qum dilatari oleh spirit Al Qur'an di dalam awal Surat Al-Muddatstsir yang memerintahkan agar bangkit dari "selimut" dan selanjutnya memberikan peringatan penuh hikmah pada segenap umat.

"Pemuda tidak boleh beku pikirannya. Karena itu, ia harus bangkit membaca zaman, membaca tanda tanda, turun tangan menyelesaikan problem umat dan senantiasa menelaah ayat ayat Allah sebagai sumber inspirasi. Selimut kebodohan dan ketertinggalan hendaklah diatasi," tukasnya. 

Mas Imam berharap, para peserta yang telah menuntaskan TOT ini untuk terus belajar dan tingkatkan kapasitas diri terutama dalam membekali diri dengan ibadah, semangat beriqra', meminta nasihat kepada senior, dan cakap dalam mengimplementasikan ilmu yang telah berhasil didapatkan.

Penutupan Training for Trainer  Leadership Training Center (LTC) dan Pendidikan Al Quran Bersanad (LPQ) ini juga dihadiri oleh jajaran pembina, pengawas, dan unsur pengurus Kampus Ummulqura Hidayatullah Indonesia, peserta, tokoh, dan ada pemaparan program tabungan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT Hage Probio Indonesia. 

Agenda TOT yang digelar selama sepekan ini dirasa istimewa karena berkesempatan ditutup langsung oleh Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad dan dihadiri oleh salah seorang pendiri Hidayatullah KH Hasyim HS.

Dalam sambutannya menutup acara ini, KH Abdurrahman Muhammad berpesan hendaknya pemuda mampu mengemban amanah dengan baik. Ia berharap, dengan wasilah TOT ini, kelak lahir kader generasi bangsa dengan kapabilitas zuama dan keulamaan yang kuat. 

Ia menegaskan, beratnya amanah hidup yang dipukul akan indah dijalani manakala mengenal Tuhan. Untuk mengenal Tuhan, terangnya, adalah dengan menyelami kandungan Al Quran. 

Tags