News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Syabab Hidayatullah Balikpapan Ikuti Kuliah Umum Madrasah Anti Korupsi

Syabab Hidayatullah Balikpapan Ikuti Kuliah Umum Madrasah Anti Korupsi

BALIKPAPAN - Pengurus Daerah Syabab Hidayatullah Balikpapan menjadi peserta kuliah umum Madrasah Anti Korupsi (MAK) Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Swiss Bell Hotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (27/09/2017).

Kuliah umum yang mengangkat tema "Korupsi dan Pengelolaan Sumber Daya Alam" menghadirkan narasumber Adnan Topan H dari ICW (Indonesia Corruption Watch), Ahmad Fanani (Wakil Direktur Madrasah Anti Korupsi) dan Dr Haris Retno Susmiyati (dosen Universitas Mulawarman Samarinda).

MAK yang diselenggarakan Pemuda Muhammadiyah Kaltim ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap praktik korupsi yang terjadi.

"Ini untuk membangun awareness (kesadaran) di masyarakat terhadap korupsi. Masyarakat bisa ikut terlibat dalam pencegahan,” ujar Ahmad Fanani optimistis.

Adnan dari ICW menambahkan, ada tiga elemen yang bisa bekerja sama untuk memberantas korupsi.

“(Pertama) pihak swasta, kedua masyarakat yang aktif berperan, dan ketiga pemerintah yang bertanggung jawab,” jelasnya.

Acara yang dihadiri ratusan orang berbagai elemen dan organisasi ini berlangsung dari pukul 08.00 – 13.00 WITA.

Sementara itu, pemateri ketiga, Retno, memaparkan materi terkait kondisi lingkungan dan pertambangan di Kaltim, sebagai contoh salah satu kabupaten.

Menurut Retno, sangat sedikit kontribusi pihak swasta dalam memberikan pemasukan pada daerah ketimbang dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan. Sementara IUP (Izin Usaha Pertambangan) katanya mudah dikeluarkan.

“Menurut data, terdapat 90 IUP di sebuah Kecamatan Samboja, (Kabupaten) Kutai Kartanegara. Ini rekor dunia,” papar Retno.

Di lain pihak, katanya, peraturan Gubernur Kaltim belum memihak pada masyarakat.

"Mobil truk pengangkut batubara kapasitas besar dilarang lewat jalan umum, tetapi truk-truk kecil diizinkan. Sama saja," katanya.

Ketua PD Syabab Hidayatullah Balikpapan Usamah Sudiono menyambut baik helatan tersebut dan bersedia menjalin kerjasama secara berkesinambungan guna mendukung gerakan dan sosialisasi pemuda anti korupsi. (Fauzan)

Tags