News Breaking
PHTV
wb_sunny

Breaking News

Pemuda Hidayatullah diutus DPP Hidayatullah dalam Program SEA LOVES AL-QURAN

Pemuda Hidayatullah diutus DPP Hidayatullah dalam Program SEA LOVES AL-QURAN

FILIPINA -- Pemuda Hidayatullah diutus DPP Hidayatullah dalam Program SEA LOVES AL-QUR'AN (South East Asia Loves Al-Qur'an) Safari Ramadhan 1444 H, 23 Maret -14 April 2023.

Program SEA LOVES AL-QURAN sendiri adalah program pemberangkatan santri dan musyrif oleh DPP Hidayatullah dibawah Departemen Antar Bangsa untuk tugas dakwah di kawasan Asia Tenggara dan Jepang selama Bulan Ramadhan. Mereka akan menjadi imam tarawih dan guru Al-qur'an di beberapa masjid untuk menyemarakkan bulan Ramadhan.

Para santri dan musyrif akan ditempatkan di berbagai daerah di Jepang, Thailand, Kamboja, Vietnam, Filiphina dan Timor Leste. 

Selain itu, program SEA LOVES AL-QURAN ini diharapkan dapat memperat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan bangsa-bangsa Asia Tenggara dengan Al-Qur'an.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah, Rasfiuddin Sabaruddin,S.Sy, MIRK yang diutus sebagai Team Advance, melakukan kunjungan ke beberapa Organisasi Kepemudaan Islam Filipina. 

Diantaranya Al-Jalis As-Salih (The Good Companion),  salah satu lembaga swadaya masyarakat serta organisasi pengabdian pemuda dan dakwah nirlaba yang ada di Kota Cotabato, Filipina.

Al-Jalis As-Shalih sendiri adalah organisasi yang membawahi berbagai organsasi kepemudaan islam di Filipina, yang beranggotakan para profesional muda, ulama muda, mahasiswa, yang memiliki tujuan utama mempromosikan jalan persaudaraan Islam. 

Saat ini, mereka telah memiliki beberapa cabang, yang berdiri di lima kota di Filipina, yaitu; Kota Iligan, Kota Marawi, Kota Cotabato, Kota Pagadian dan Kota Tawi-Tawi.

Selama beberapa tahun terakhir, Al-Jalis As-Shalih aktif melakukan berbagai program Islam bagi pemuda seperti simposium, kunjungan panti asuhan, kuliah khusus, seminar, pekan olahraga, program buka puasa, Mabit, dan berbagai kegiatan lainnya.

Bang Rasfiuddin, pada kesempatan kunjungan silaturrahim tersebut disambut langsung oleh Pengurus harian Al-Jalis As-Shalih, Kota Cotabato, diantranya; Amirto A.  Agao, LPT (Secretary). Hadir juga Atty. Mohamad-Ali S. Midtimbang Jr., CPA (Finance Officer), Amenodin M. Samporna (BOD Member).

Kebetulan pada saat pertemuan tersebut Engr. Datu Shariff Pagayao (President, Al-Jalis As-Salih (The Good Companion) Inc. Cotabato City Chapter), dan Jan Areef G. Mascud (Vice President), sedang berada diluar kota. 

Dalam keterangannya, Rasfiuddin, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan perdananya, selain untuk ber-silaturahim sebagai sesama organisasi pemuda islam, ia juga berharap dapat bertukar kabar tentang program-program yang bisa dikerjsamakan.

"Banyak program Al-Jalis As-Salih yang serupa dengan Program yang dilakukan Pemuda Hidayatullah", terangnya.

Ia juga mengatakan akan menindaklanjuti silaturrahim kali ini dengan program-program bersama,

"InsyaaAllah akan kami tindaklanjuti silaturrahim ini, di waktu-waktu mendatang, dengan program-program real yang dapat dikerjasamakan" ujarnya.

Semoga langkah awal ini dapat membuka jalan kerjasama dengan Pemuda islam diberbagai belahan dunia lainnya.*/Infokom

Tags